Google Hapus Aplikasi yang Kumpulkan Data Pengguna

Google Hapus Aplikasi

Google Hapus Aplikasi yang Kumpulkan Data Pengguna

Google Hapus Aplikasi

Google Hapus Aplikasi yang Kumpulkan Data Pengguna

Google Hapus Aplikasi yang Kumpulkan Data Pengguna – Meskipun sudah memasuki awal tahun 2019. Tetapi masalah privasi data tetap menjadi perbincangan utama oleh kebanyakan orang. Hal ini bukannya tanpa alasan,mengingat saat ini banyak sekali aplikasi yang beredar di pasaran serta sudah kita instal. Menanggapi hal tersebut,Maka Google akan mengambil tindakan dengan menghapus aplikasi yang melanggar kebijakan privacy. Google akan berencara menghapus aplikasi di playsotre yang meminta izin untuk mengakses SMS dan riwayat panggilan. Hal ini sangat meresahkan tentunya. Mengingat dengan seperti ini data pengguna jadi bisa diakses oleh pihak lain.

Baik developer aplikasi tersebut,maupun pihak ketiga yang menginginkan data kita. Google mulai mengambil langkah serius kepada developer dengan cara tidak lagi mengizinkan ada aplikasi yang meminta akases SMS dan riwayat panggilan. Developer diberi waktu 90 hari untuk mengkaji permintaan izin mereka. Hal ini untuk mengatasi kasus sama yang pernah terjadi pada tahun lalu tentang kebocoran data Facebook dan Cambridge Analytica.

Google mengumumkan bahwa akan mulai menghapus semua aplikasi yang meminta akses SMS atau riwayat panggilan beberapa pekan kedepan. Google menyatakan bahwa aplikasi yang tidak menyertakan formulir deklarasi izin untuk peninjauan lebih lanjut. inilah yang menjadkan alasan dasar dari perusahaan google melakukan tindakan penghapusan aplikasi yang di maksut.

Jika sudah dihapus oleh Google, developer akan memiliki dua pilihan. Yaitu harus mengirim kembali versi terbaru tanpa meminta akses SMS, atau harus menyertakan formulir deklarasi izin khusus. Meskipun begitu, Google hanya memberi tenggang waktu sampai 9 Maret saja, apakah aplikasi akan dihapus atau memberikan persetujuan kepada developer.

Sebenarnya langkah Google ini dilakukan untuk menghilangkan kasus aplikasi yang meminta akses SMS dan riwayat panggilan yang sebenarnya tidak memerlukan akses tersebut. Dengan kebijakan seperti ini, akses developer kepada SMS dan riwayat panggilan tentunya akan sangat terbatas. Pengguna akan lebih bisa mengontrol aplikasi yang telah didownload, apakah ingin memberikan akses ke data mereka atau tidak, semua bisa dikontrol oleh pengguna. Semoga dengan tindakan yang di ambil oleh google ini nantinya aplikasi yang beredar lebih baik.

Share this post