Google Luncurkan Pelindung Password

Google Luncurkan Alat Guna Lindungi Password

Google Luncurkan Pelindung Password

Google Luncurkan Alat Guna Lindungi Password

Google Luncurkan Pelindung Password

Google Luncurkan Pelindung Password – Saat ini Google telah meluncurkan sebuah alat yang berfungsi untuk mengingatkan penggunanya untuk mengubah password untuk menangkal peretas yang mengakses emailnya, karena dengan menggunakan alat ini bisa terdeteksi jika password pengguna telah ducuri dalam pembobolan data pada situs tertentu.

Apa nama serta cara memasang alat tersebut?

Namanya adalah Password Checkup, yaitu plug-in yang harus dipasang pada Chrome. Pada saat dipasang, alat tersebut akan memberi tahu apakah pengguna perlu mengubah password atau tidak. Dan cara memasangnya pun cukup mudah loh. Cukup dengan klik ke tautan situs berikut ini kemudian tekan “Add to Chrome”. Lalu pengguna akan melihat icon perisai di sisi sebelah kanan browser.

Bagaimana cara kerja alat tersebut?

Pada saat pengguna sedang browsing di Website, “Password Checkup” akan mendeteksi bahwa pengguna tersebut apakah menggunakan password yang telah dibobol?, maka alat tersebut memberikan peringatan untuk segera mengubah password emailnya. Jika Google mendeteksi bahwa nama pengguna dan password pada situs yang digunakan adalah salah satu dari lebih 4 miliar kredensial yang diketahui oleh Google, ekstensi tersebut akan memberikan peringatan otomatis untuk segera mengganti password email.

BACA JUGA

Alat ini adalah upaya yang dikeluarkan oleh Google untuk mengatasi masalah penggunaan secara berulang-ulang yang terdeteksi di website. Pada saat pengguna mencoba untuk masuk ke situs website tertentu melalui Google Chrome, makan alat ini akan memeriksa password terhadap database internal Google yang berisi miliaran kredensial login yang telah dibobol. Jika password tersebut terdaftar ke database Google, maka pengguna akan diperingatkan dan disarankan untuk segera mengganti password baru. Masalah ini sering sekali terjadi, walaupun sudah sering diperingatkan untuk tidak menggunakan lagi password itu.

Share this post