Google Tambahkan Teknologi AR dalam Google Maps

Google Tambahkan Teknologi AR dalam Google Maps

Google Tambahkan Teknologi AR dalam Google Maps

Google Tambahkan Teknologi AR dalam Google Maps

Teknologi AR Google Maps

Teknologi AR Google Maps – Good Morning Happy People. Kali ini penulis akan membahas tentang canggihnya teknologi Augmented Reality yang dituangkan dalam aplikasi Google Maps. Siapa sih yang tidak tahu Google Maps? Pasti semuanya tahu dong dan sering menggunakan fitur ini. Google Maps sangat membantu siapapun penggunanya. Berguna untuk menunjukkan arah jika pengguna mengalami kebingungan apalagi sedang berada di kota-kota besar. Saat ini Google mulai menguji coba fitur baru dalam peta digitalnya. Google menguji coba fitur Augmented Reality (AR).

Fitur ini dirilis untuk meningkatkan petunjuk bagi pejalan kaki. Sebelumnya Google telah menyatakan dalam acara konferensi developer Google I/O pada tahun 2018, tetapi lagi-lagi fitur ini masih dalam tahap uji coba. Fitur ini menggunakan teknologi Augmented Reality dan kamera belakang smartphone. Kemudian, Google juga menggunakan teknologi yang bernama “Visual Positioning System (VPS)”, yang menggabungkan teknologi Augmented Reality, Street View, dan Sistem Navigasi Google Maps. Fungsi teknologi VPS ini adalah untuk memperkirakan pengguna berdiri pada posisi yang tepat saat menggunakan Google Maps sebagai penunjuk jalan. Pada saat Google Maps menemukan lokasi yang diinginkan oleh pengguna, maka Google Maps tersebut akan muncul simbol penanda atau tanda panah penunjuk jalan di layar smartphone pengguna, yang dianimasikan dengan bentuk 3D. Pengguna cukup mengikuti tanda panah tersebut untuk menuju lokasi tujuan. Navigasi Augmented Reality ini akan ditampilkan secara real-time, jadi pengguna tidak akan nyasar jika bingung di tengah jalan.

Teknologi AR Google Maps

Hmm sayang sekali, Google belum menyebutkan kapan fitur ini bisa digunakan oleh penggunanya. Google masih akan melakukan pengujian tambahan agar bisa memaksimalkan fitur ini. Sehingga ini baru rilis ke para Local Guide saja atau pemandu lokal. Maps Augmented Reality ini tidak diperuntukkan untuk menavigasikan pengguna pada saat menaiki kendaraan. Untuk mencegah terjadinya kecelakaan pada saat pengguna terlalu fokus memperhatikan layar smartphone mereka, Google Maps akan memperingatkan pengguna meletakkan smartphone yang mereka pegang.

Google Tambahkan Teknologi AR dalam Google Maps

Tetapi jika pengguna tidak menggunakan fitur ini, maka layar smartphone akan menggelap secara otomatis. Hal ini dikarenakan agar mencegah penggunaan baterai yang berlebihan. Banyak yang menarik perhatian dari fitur ini, karena mode Augmented Reality ini akan menangkap rekaman secara real-time di sekeliling penggunanya. Makanya, Google tidak akan meluncurkan fitur ini secara publik dalam waktu dekat ini. Stay tune!

Share this post