Huawei P30 Series Pakai Kamera Periskop 10 Kali Zoom

Huawei P30 Series Menggunakan Kamera Periskop 10 Kali Zoom

Huawei P30 Series Pakai Kamera Periskop 10 Kali Zoom

Huawei P30 Pakai Kamera Periskop

Huawei P30 Pakai Kamera PeriskopHuawei akan meluncurkan flagship terbarunya, yaitu P30 dan P30 Pro. Yang akan diluncurkan di Paris, Perancis. Pada tanggal 26 Maret 2019 besok. Huawei mengilustrasikan kemampuan zooming dari calon smartphone terbarunya tersebut, pada sekilas cuplikan promosinya #Rewritetherules. Hal itu menguatkan kabar yang beredar bahwa smartphone P30 akan dibekali dengan kamera periskop dengan zoom sebanyak 10 kali. Pada akhirnya kabar ini dikonfirmasi oleh Vice President Global Product Huawei, yaitu Clement Wong.

Clement Wong menyatakan bahwa pihaknya akan mengenalkan revolusi teknologi terbarunya dengan menyisipkan cara yang sama seperti sebelumnya. Yaitu mulai dari Huawei P9 ke P10 dan kemudian P20 dengan menambahkan jumlah kamera atau menggunakan modul monokrom. Revolusi tersebut secara kasat mata tidak akan terlihat kecuali menggunakan kamera smartphone tersebut secara langsung. Salah satu hal yang bakal terlihat adalah kemampuan zoom yang sangat luar biasa.

Huawei P30 Series Menggunakan Kamera Periskop 10 Kali Zoom

Huawei P30 Pakai Kamera Periskop

Pernyataan Clement Wong tersebut seakan menepis beberapa isu yang menyebutkan bahwa versi Pro bakal terpasang modul quad-camera. Atau terdapat 4 kamera yang berjajar di bagian belakang smartphone. Sebelumnya, Richard Yu selaku CEO Huawei mengupload sebuah foto bulan dengan keterangan bahwa gambar tersebut diambil dengan Huawei “..” Pro. Serta bagian nomor modelnya disensor. Di bawahnya terdapat keterangan “Leica Quad Camera”. Kata “Quad” berarti empat. Kemungkinan itu ditujukan untuk periskop yang berguna sebagai kamera multifungsi. Bukan berarti jumlah kameranya ada 4 buah yaa.

Jika memang benar adanya, maka bocoran tersebut menguatkan gambar yang sebelumnya beredar. Di mana bagian belakang Huawei P30 Pro hanya dibekali dengan 3 kamera saja. Clement Wong terang-terangan bahwa foto bulan yang diupload oleh Richard Yu tidak menggunakan bantuan apapun seperti lensa telephoto clip-on. Tetapi memang asli diambil hanya dengan kamera smartphone. Clement Wong mengklaim bahwa itu adalah teknologi zoom revolusioner untuk mengambil gambar.

Clement Wong tahu bahwa Huawei bukan pioner teknologi periskop. Sebelumnya, Oppo sudah mengenalkan smartphone zoom optic loseless 10 kali. Teknologi tersebut dikenalkan oleh Oppo pada acara Oppo Inovation Event di Barcelona akhir bulan Februari. Tetapi kamera zoom dari Oppo baru terpasang di prototype smartphone yang dipamerkan pada acara tersebut. Jadi bukan produk yang sudah jadi. Clement Wong menambahkan lagi bahwa kamera periskop Huawei didukung dengan teknologi Artificial Intelligence, Digital Signal Procesing, dan juga Image Signal Processing.

Ubah kamera demi Low-Light

Tidak cuma fitur zoom 10 kali, Clement Wong juga menyinggung tentang kemampuan fotografi low-light pada calon smartphone flagship Huawei ini P30 Series. Banyak perusahaan yang bisa aja memakai sensor kamera yang sama, tetapi hasil jepretannya kurang baik karena tidak memiliki formula pengolahan gambar yang sama dengan Huawei. Pihaknya membuat banyak peningkatan semenjak Huawei P6 serta bekerja sama dengan Leica salah satu pabrik kamera di Jerman yang memberikan banyak pengaruh.

Pihaknya menyatakan bahwa Huawei P30 nanti tidak hanya mengandalkan software seperti kebanyakan produsen smartphone lainnya. Memang perlu adanya perubahan pada hardware kamera, tetapi tidak secara spesifik. Peningkatan low-light tidak cuma di software saja. Kalau memang seluruh perusahaan menggunakannya seperti yang telah dilakukan Huawei sebelumnya, maka Huawei butu merubah hardwarenya guna meningkatkan kamera. Lalu bagaimanakah Huawei akan menerapkan lensa periskop pada Huawei P30 Series? Tunggu jawabannya pada tanggal 26 Maret 2019 yaa.

BACA JUGA

Share this post