8.5 C
New York
Tuesday, May 26, 2020
Home Teknologi Motorola Akan Saingi Google Pixel 3a

Motorola Akan Saingi Google Pixel 3a

[adning id=”2779″]

Motorola Akan Saingi Google Pixel 3a

Motorola Akan Saingi Google Pixel 3a – Dekade ini merupakan masa yang sulit bagi Motorola. Google membeli merek pada Mei 2012 setelah serangkaian kerugian dan dengan cepat memaksanya untuk mengurangi biaya dengan menutup sepertiga lokasi dan memangkas 4.000 karyawan. Tahun berikutnya, ia membuka pabrik baru di Texas untuk memproduksi unggulan Moto X yang sangat dapat disesuaikan yang diumumkan pada Agustus 2013. Kurang dari tiga bulan kemudian, seri Moto G diperkenalkan dan seri Moto E entry-level diikuti pada bulan Mei 2014.

Dua jajaran terakhir ini membantu mengubah perusahaan dan menyebabkan pertumbuhan yang kuat di pasar negara berkembang. Namun, pada Oktober 2014 Google telah memilih pembongkaran Motorola ke Lenovo dan masalah mulai lagi. Pada Agustus 2015, Lenovo mulai menggabungkan bisnis smartphone yang ada dengan Motorola. Kemudian, pada awal 2016 mengumumkan rencana untuk menghapus nama Motorola mendukung merek ‘Moto oleh Lenovo’, hanya untuk kemudian mundur hanya satu tahun kemudian. Lebih buruk lagi, perangkat dengan cepat mulai menjadi generik dan menawarkan semakin sedikit nilai uang. Penjualan mulai jatuh.

Maju cepat ke hari ini dan yang terburuk tampaknya sudah berakhir. Motorola akhirnya menemukan tempatnya di pasar smartphone dan baru-baru ini membukukan laba pertamanya dalam 5 tahun di samping pertumbuhan yang kuat di AS. Tetapi untuk membawa hal-hal ke tingkat berikutnya, saya pikir mereka kehilangan satu hal penting, yaitu saingan Google Pixel 3a.

Motorola perlu berkompromi dengan cara yang sama seperti Google

Seperti yang dikatakan YouTuber Jon Prosser baru-baru ini, Pixel 3a telah menjadi populer karena pasar tidak membutuhkan inovasi, tetapi perlu kompromi. Meskipun ada baiknya menunjukkan bahwa merek-merek Cina berkompromi sepanjang waktu. Pixel 3a telah berhasil di mana orang lain tidak melakukannya karena Google telah berkompromi dengan cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya, dan itulah yang perlu dilakukan oleh Motorola.

Konsumen di pasar negara berkembang seperti India sangat serius memperhatikan spesifikasi, sehingga popularitas merek Cina. Tetapi di negara-negara maju seperti AS dan Inggris, orang terus terang saja tidak peduli. Bahkan, ketika seseorang membeli smartphone, kemungkinan mereka melihat tiga hal yang dilakukan Pixel 3a dengan baik. Yaitu desain, kamera, dan harga.

Mari kita bandingkan Google Pixel 3a ($ 479) dengan Moto Z4 Motorola ($ 499). Perbedaan harga yang kecil akan menyarankan bahwa yang terakhir adalah ponsel yang unggul. Tetapi pada kenyataannya tidak. Kecuali jika terobsesi dengan spesifikasi atau membutuhkan 5G Moto Mod, sama sekali tidak ada alasan untuk membeli ponsel Motorola. Pixel menawarkan perangkat keras kamera tingkat unggulan, baterai yang lebih besar, pengisian daya lebih cepat, speaker stereo, dan dukungan perangkat lunak yang jauh lebih baik. Tentu itu tidak memiliki cukup banyak penyimpanan dan prosesornya agak lambat. Tetapi Anda bisa mendapatkan cadangan Google Photo tanpa batas secara gratis dan kebanyakan orang tidak akan melihat perbedaan antara Snapdragon 670 dan 675.

Sekarang bayangkan jika Motorola mengubah strategi sepenuhnya. Di satu sisi, itu bisa menambah perangkat keras dan perangkat lunak kamera premium, speaker stereo, dan pembaruan perangkat lunak 2 tahun sementara serta sedikit menurunkan harga Moto Z4. Smartphone akan menjadi pilihan yang jauh lebih menarik bagi banyak orang dan Motorola akan dapat mempertahankan keuntungan dengan memilih prosesor yang sedikit lebih kuat, bahan yang lebih murah, penyimpanan yang lebih sedikit, dan menggunakan panel OLED di bagian depan. Sebagai pilihan alternatif, itu bisa mempertahankan label harga Moto Z4 saat ini. Tetapi alih-alih menerapkan perubahan yang disebutkan di atas, merek dapat menurunkan kapasitas penyimpanan dan prosesor demi pengalaman kamera yang lebih baik.

Saingan Pixel 3a akan membantu Motorola berkembang saat ini, bukan unggulan

Seperti disebutkan di atas, Motorola telah menemukan tempatnya di pasar smartphone. Ia tahu bahwa pasar intinya adalah perangkat dengan harga antara $100 dan $300. Tetapi juga menyadari bahwa ada permintaan untuk model dengan harga antara $300 dan $500. Yaitu Motorola One dan Moto Z.

Perbedaan antara segmen-segmen ini adalah bahwa meskipun Motorola telah menemukan keberhasilan yang signifikan dengan penawaran yang lebih murah, itu belum mengambil keuntungan penuh dari pasar kelas menengah. Alternatif Pixel 3a akan sangat membantu dalam hal ini karena jelas ada permintaan untuk perangkat semacam itu. Ponsel Google membantu penjualan dua kali lipat pada kuartal terakhir. Dan itu juga akan memungkinkan perusahaan untuk tumbuh dengan cepat, meskipun ini hanya akan terjadi jika ia bertindak cepat. Lagipula, cepat atau lambat perusahaan seperti Samsung dan LG cenderung membuat alternatif mereka sendiri, sehingga membuat masuk ke segmen lebih sulit.

Baru-baru ini Motorola membutuhkan smartphone andalan untuk terus tumbuh dan saya yakin banyak orang akan setuju. Moto X asli berkinerja sangat buruk sehingga Motorola terpaksa menutup pabrik Texas setelah hanya satu tahun dan Moto Z2 Force 2017 menjual kurang dari 150.000 unit gabungan melalui operator selama tiga bulan pertama dijual, yang pada akhirnya menyebabkan kerugian besar. Konsumen telah berkali-kali membuktikan bahwa mereka tidak tertarik pada smartphone Motorola unggulan, apa pun yang mereka lakukan. Karena itulah merek perlu berkonsentrasi pada apa yang ia kuasai. Tetapi jika memang bersikeras bersaing di segmen premium sekali lagi, itu harus dengan perangkat yang dapat dilipat.

Motorola Akan Saingi Google Pixel 3a

Tidak ada lagi ruang untuk berkembang di pasar kelas atas. Sebenarnya menyusut. Tetapi perangkat yang dapat dilipat memiliki potensi besar. Jangan salah paham, itu akan bertahun-tahun sebelum perangkat ini lepas landas, tetapi permintaan pasti akan tumbuh dan jika Motorola dapat masuk ke sana sebelum orang lain dengan desain yang unik dan nama ikon seperti Razr, investasi mungkin membayar libur dalam lima tahun. Tapi tentu saja bukan itu yang dibutuhkan saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Harga HP vivo Y30 dan Spesifikasi

Harga HP vivo Y30 dan Spesifikasi - halo kabar menarik hadir dari brand ternama asal tiongkok yaitu vivo. Setelah pada belun kemarin...

Bocoran Video Promo Spesifikasi Samsung Galaxy A21s

Video promo Samsung Galaxy A21s diduga telah muncul secara online. Memberikan kepercayaan lebih untuk branding yang bocor dan menunjukkan bahwa ponsel...

Oppo A52 Harga dan Spesifikasi Lengkap: Dengan Punch-Hole dan 4 Kamera Belakang

Setelah meluncurkan Oppo A92s beberapa hari yang lalu, Oppo kini telah meluncurkan Oppo A52. Oppo A52 adalah perangkat yang agak low-end...

OPPO A92 Resmi Rilis di Lazada

OPPO A92 rumornya telah beredar cukup lama, tepat setelah peluncuran diam-diam dari Oppo A92s. Keterangan rahasia dari akun Twitter Evan Blass...

Recent Comments