Sensor Kamera Samsung, Isocell Slim 3T2

Sensor Kamera Samsung, Isocell Slim 3T2

Sensor Kamera Samsung, Isocell Slim 3T2

Sensor Kamera Samsung, Isocell Slim 3T2

Sensor Isocell Slim 3T2 – Samsung akhirnya memperkenalkan sensor kamera yang bernama Isocell Slim 3T2. Mempunyai ukuran dengan diagonal 1/3,4 inch atau kira-kira 5,1 mm. Maka dari itu, diklaim sebagai sensor kamera paling simple di dunia. Dimensi yang dimiliki sensor tersebut sangat kecil sehingga membuatnya cocok apabila diterapkan sebagai sensor kamera depan di smartphone dengan model layar berlubang, atau yang menempatkan kameranya dalam sebuah lubang di bagian atas layar.

Nahh, fungsi layar berlubang seperti ini adalah untuk menyingkirkan “notch” atau poni yang terletak di atas layar yang biasanya dibutuhkan untuk space kamera depan. Dengan seperti itu, maka layarpun bisa lebih menutupi sisi layar pada smartphone. Yang lagi ramai saat ini di pabrik-pabrik smartphone adalah rancangan “hole-punch display” yang akan menjadi tren terbaru setelah layar “notch” atau poni.

Samsung memberikan pernyataan bahwa Isocell Slim 3T2 adalah sensor 20 MP paling kecil miliknya yang serbaguna dan memungkinkan produsen smartphone untuk melakukan diferensiasi perangkat. Meskipun ukurannya yang kecil, tetapi Isocell Slim 3T2 ini diklaim mampu menghasilkan gambar yang super bagus dengan resolusi kamera 20 MP. Dengan masing-masing piksel ukuranya adalah 0,8 mikron.

Sensor Isocell Slim 3T2

Samsung juga menambahkan teknologi Tetracell di Isocell Slim 3T2nya. Apakah yang dimaksud teknologi Tetracell itu? Nahh Tetracell inilah yang bisa menghasilkan tangkapan gambar yang lebih terang dan tajam pada saat kondisi malam hari dengan menggabungkan 4 piksel menjadi 1, tetapi resolusi akhir gambarnya menjadi berkurang 5 MP.

Sensor Kamera Samsung, Isocell Slim 3T2

Selain itu, dengan ukurannya yang sangat kecil, Isocell Slim 3T2 dapat menghemat space untuk komponen yang lain di sekitarnya, sehingga dapat membantu produsen smartphone dalam rangka mewujudkan smartphone yang memiliki desain hole-punch display. Isocell Slim 3T2 ngga cuman sebagai jadi sensor kamera selfie, bisa juga digunakan di belakang smartphone dalam konfigurasi multi-camera.

Sebagai contoh, jika digunakan sebagai sebagai sensor kamera telephoto, nahh Isocell Slim 3T2 ini dapat memangkas tinggi kamera 7% jika dibanding dengan sensor kamera 20 MP lain dari Samsung yang ukurannya lebih besar atau 1/3 inch. Dan rencananya Isocell Slim 3T2 akan diproduksi pada tahun ini. Belum diketahui juga siapa saja produsen smartphone yang akan menggunakan teknologi ini.

BACA JUGA

Share this post